+ -

Tuesday, April 23, 2013

Jepangan? Musik Jepang? Jrock? Visualkei?

Haha gue kalo inget tahun 2006 – 2012 betapa freak nya waktu itu sama yang namanya “all about japan”.  Mungkin lebih banyak di musiknya aja sih.. hehehe..

Gue mau cerita dulu awal gue kenal sama musik jepang. Ya siapa lagi kalo bukan kaka gue sendiri.. waktu itu gue masih kelas 6 SD.  Nah ceritanye gini.. tiap sore kaka gue selalu nonton konser di ruang tamu dengan volume luar biasa.. hahaha. Gue juga heran, padahal sebelumnya dia ngikutin banget sama boyband asal taiwan yang namanya Energy . haha gila udah lawas parah, masih inget aje gue sama itu boyband. Nah tau-tau dia beralih sama musik rock, metal. Perubahan drastis parah. Ditambah lagi fashion nya yang berubah total. Gue penasaran.. gue cek dvd konsernya pas kaka gue lagi sekolah. Gue coba tonton... asik parah musiknya.. tapi-itu-kok-ada-ciumannya :|
Singkat cerita, akhirnya sama kaka gue dijelasin kalo musik jepang itu mencampurkan fashion, dengan musik. Yang biasa disebut visual kei. Abis itu terbagi lagi jadi beberapa, ada eroguro kei, angura kei, cyber kei, oshare kei, dll dan terkadang mereka sering melakukan adegan ciuman saat perform, atau biasa disebut fanservice.

Beberapa tahun gue mulai ngikutin terus, dan sampe freak banget.. bahkan band lawas jepang era 70-an sampai 90-an gue babat habis..
Namun yang disayangkan adalah komunitas musik jepangan di indonesia masih terlalu disitu-situ aja.. iya, band yang di explore Cuma yang itu-itu aja..
 Hampir setiap ada waktu luang (banyak malah haha) ga pernah absen dari yang namanya ke jfest. Gue dateng ke jfest, atau biasa di sebut bunkasai bukan pengen liat cosplay, atau mau kopdar. Tapi Cuma mau liat band yang manggung doang. Ada satu hal yang gue heran sampai saat ini. Kok dari dulu itu.. itu.. aje yang di cover. Ga jauh-jauh dari band the GazettE, Dir en Grey,  sama L'ArcenCiel.

Gue dateng ke jfest, nonton band, ga cuman nonton aje.. sering banget perhatiin sama apa yang di cover, vokalisnya gimane, gitarisnya gimane, bassistnya gimane, drummernya gimane..
Sampe 2012 gue mulai bosen sama jepangan, itu jfest di universitas, SMA, ga berubah-berubah. Sekali-sekali ya mbok cover Plastic Tree, Malice Mizer, Phantasmagoria, Vidoll,  Due le quartz, gitu..
Kalo ditanya siapa band di jfest yang nge-cover lagu sempurna.. hmm kalo bagi gue sih Cuma ada dua band... ya soalnya yang lain cover nya itu” juga.. jadi ya belum ada yang lebih bagus dari dua band ini.
X Shibuya dengan cover Dir en Grey nya
Obake dengan cover L'ArcenCiel nya

Ya gue sih berharap jfest/Bunkasai kedepan ada band yang “keluar dari kotak”.. hahaha tapi sedikit susah juga sih kalo harapannya kaya gitu.. lah wong di jepangan aje yang suka musiknya ga jauh” dari dari band itu juga.
Ah tapi balik lagi sih.. siapalah saya ini.. hahahaha...

After all, this is just my random
5 MIRZARIFKI'S: Jepangan? Musik Jepang? Jrock? Visualkei? Haha gue kalo inget tahun 2006 – 2012 betapa freak nya waktu itu sama yang namanya “all about japan”.   Mungkin lebih banyak di musikny...

No comments:

Post a Comment

< >